Bila Anda warga Jakarta dan memiliki kegemaran menyelam, Kepulauan Seribu sangat tepat untuk mengisi waktu senggang Anda. Dari sekian pulau yang ada di sana, Abdul Wahab, seorang instruktur selam dari POSSI, menyarankan Anda menyelam di Pulau Sepa.
 
Pulau ini dapat ditempuh dalam waktu dua jam dari Pantai Marina, Ancol, Jakarta Utara. Sehingga jika Anda tak punya waktu banyak namun syahwat untuk menyelam tak bisa diredam, maka pilihannya adalah Pulau Sepa. Anda bisa menyelam pagi dan siang, sorenya bisa kembali ke Jakarta.

Apa kelebihan pulau ini. Abdul Wahab punya jawabannya. Menurut pria yang sudah menyelam lebih dari 15 tahun ini, Pulau Sepa memiliki banyak kelebihan dibandingkan tempat lainn di Indonesia, terutama bagi penyelam pemula dan penggemar fotografi bawah laut. Selain dekat dengan Jakarta, aman dan nyaman, Pulau Sepa sangat menarik untuk penyelaman malam hari (night dive) .


 
“Ketika melakukan night dive, penyelam bakal bertemu dengan decoration crab (kepiting warna warni), snow crab (kepiting salju), dan aneka jenis keong,” ujar Wahab kepada Tempo. 

Pamandangan menarik lainnya, di Kepulauan Seribu terdapat wreck alias kapal tenggelam. Di Pulau Papa Theo, terdapat sebuah kapal kargo yang tenggelam. Bangkai kapal yang memiliki panjang badan 100 meter ini bisa ditemui di kedalaman 30 meter.

Dibandingkan dengan spot penyelaman di Tulamben, Manado, Ambon, Kepulauan Komodo, dan Raja Ampat, diakui oleh Wahab memang airnya tak sejernih di kawasan tersebut. Namun, sekali lagi, jelas Wahab, Kepulauan Seribu dekat dengan Jakarta dan nyaman bagi penyelam pemula. Harga paket ke Pulau Sepa berkisar antara Rp 1,7 juta hingga Rp 2 juta. Angka sebesar itu, kata pria 44 tahun itu, sudah termasuk transportasi dari Pantai Marina, Ancol, akomodasi, dan penyelaman empat kali.

http://m.tempointeraktif.com/2011/03/11/319397/

Text Widget

Popular Posts

Recent Posts

Sample Text

Unordered List

Pulau Seribu