Pantai yang landai dengan air yang jernih, menjadi salah satu kekuatan bagi Pulau Pantara dalam membetot perhatian wisatawan. Di Pulau Pantara ini, sejumlah resort dengan fasilitas hotel berbintang lima bertebaran memanjakan para wisatawan. Tak salah, jika salah satu Diva Indonesia Krisdayanti rela jauh -jauh memboyong keluarganya untuk menikmati salah satu surga bahari di Kepulaun Seribu.
 
Meski perjalanan Krisdayanti telah berlangsung setahun silam, tetapi pesona Pulau Pantara tak pernah berubah sampai sekarang. Kegiatan seperti memancing, snorkeling, atau diving, seperti menjanjikan kepuasan berwisata dan sayang untuk dilewatkan jika berkunjung ke pulau ini. Nuansa resort yang memadukan dua kebudayaan antara Papua dan Jepang, juga menjadi kekuatan tersendiri dalam menarik minat wisatawan.

Para wisatawan tidak hanya tertegun dengan keindahan panoramanya. Keragaman aneka hayati yang bersemayam di pulau tersebut juga menjadi ruh bagaimana Pulau Pantara begitu diminati wisatawan dari negeri matahari terbit. Patut diakui, dulunya Pulau Pantara dikelola management JAL (Japan Air Lines) sehingga sudah begitu familiar di negeri samurai tersebut.

Pulau yang cukup jauh dari teluk Jakarta ini, tidak sulit untuk dicapai. Berminat, datang saja ke Pantai Marina Ancol, Jakarta Utara, tak lama pengunjung akan diantar langsung ke Pulau Pantara dalam tempo dua jam dengan kapal cepat. Yang perlu jadi catatan, pengunjung harus datang saat weekend sebelum pukul 09.00 atau tertinggal dan menunggu pekan depan karena frekuensi pelayaran kapal ini hanya seminggu sekali.

Begitu sampai di dermaga Pulau Pantara, wisatawan bakal dimanjakan dengan pesona air lautnya yang jernih dan pantai yang landai. JIka ingin beristirahat sejenak, pengelola menyediakan resort dengan fasilitas sekelas bintang lima. Namun, jangan kaget jika pengelola resort akan meminta identitas wisatawan berupa KITAS -bagi wisatawan asing- atau KTP -bagi wisatawan lokal- begitu menuju ke resort karena ini merupakan prosedur administrasi standar bagi wisatawan yang berkunjung.

Untuk menginap disalah satu resortnya, wisatawan harus merogoh kocek agak dalam karena harga resort di pulau ini lebih tinggi dari pulau resort lainnya. Harga yang dibayar, rasanya sepadan dengan fasilitas yang didapat. Lihat saja dengan arsitektur resortnya yang memadukan dua kebudayaan lokal dan asing, atap yang menyerupai rumah ada suku asmat Papua namun memiliki interior bergaya rumah Jepang. Kolaborasi gaya tradisional dan modern inilah yang membuat wisatawan betah berlama-lama di dalam resort.

Suasana malam hari juga bisa semeriah siang hari, dentuman live music dan tersedianya fasilitas diskotik menambah semarak liburan di Pulau Pantara. Bosan dengan itu semua, wisatawan bisa beristirahat sejenak di pinggir dermaga sambil menikmati taburan bintang. Yang perlu diingat, ketika berada di dermaga jangan sekali-kali membawa alat pancing karena kawasan ini merupakan area konservasi bagi ikan dan habitat laut lainnya.

Larangan memancing di dermaga jangan menjadi halangan untuk tetap bersenang-senang, karena pengelola resort menyediakan transportasi berupa kapal tradisional untuk kegiatan memancing disekitar Pulau Pantara. Bosan memancing, siapkan saja peralatan selam untuk menikmati keindahan panorama bawah laut Pulau Pantara. 

Melakukan aktifitas diving atau snorkeling disini, seperti menjanjikan pengalaman baru bagi wisatawan. Airnya yang jernih dan dijadikannya pulau ini pusat konservasi membuat biota laut tumbuh subur dan semarak Ikan hias dengan aneka warna dipadu terumbu karang yang mempesona menjadikan kegiatan diving atau snorkeling begitu berkesan.  
     
 Sebagai tambahan, Pulau Pantara sendiri terbagi menjadi dua kawasan yakni Pantara Timur dan Pantara Barat. Meski terpisah, kedua pulau ini memiliki fasilitas yang sama hanya jumlah resortnya saja yang membedakannya. Sedangkan untuk menu, wisatawan lebih condong ke Pantara Timur karena di pulau ini terdapat restoran Jepang yang menjadi satu-satunya di Pulau Pantara. (risna)

Foto Pantai Pulau Pantara, Kepulauan Seribu


Text Widget

Popular Posts

Recent Posts

Sample Text

Unordered List

Pulau Seribu