Keindahan Kepulauan Seribu di Perairan Teluk Jakarta tidak hanya didapati di satu pulau saja melainkan hampir semua pulau baik itu pulau pemukiman, pulau wisata dan pulau cagar budaya yang mempunyai keunikan tersendiri.

Seperti di Pulau Air yang dekat dengan Pulau Panggang dan Pulau Pramuka yang merupakan pulau pemukiman serta Pulau Semak daun atau yang biasa disebut orang darat dengan nama "Pulau Smack Down" --suatu tayangan di televisi swasta nasional yang menyajikan olahraga adu fisik.

Pulau Air merupakan pulau wisata yang dimiliki secara pribadi oleh seorang pengusaha terkenal di tanah air sehingga tidak semua masyarakat dapat berkunjung ke pulau tersebut. Jangankan untuk pengunjung dari daratan Jakarta, untuk masyarakat pulau disekitar Pulau Air tersebut pun belum tentu dapat menginjakan kakinya secara bebas di pulau yang memang indah dengan fasilitas lengkap.
Dahulu Pulau Air merupakan pulau tidak berpenghuni dan hanya dijadikan pulau penyangga. Namun dari mata pengusaha tersebut akhirnya pulau ini disulap menjadi pulau wisata pribadi. Entah bagaimana pengusaha tersebut dapat memiliki pulau yang konon masih banyak hantu dan 'penunggu' menurut warga dipulau sekitar Pulau Air?

Pulau yang memiliki luas 2,9 hektar dengan dirimbuni cemara dan semak belukar dan pantai putih nan landai disulap menjadi pulau yang dikelilingi dengan gugusan pulau-pulau buatan hasil dari pengerukan pasir sehingga saat ini Pulau Air terkesan lebih tertutup oleh  gugusan-gugusan tersebut. Pulau Air dapat ditempuh sekitar 45 menit - 1 jam dari Muara Angke dengan menggunakan kapal boat.

Selain itu pulau ini memiliki landasan pendaratan helipad. Sayangnya landasan tersebut sudah jarang dipergunakan lagi sehingga rumput mulai tumbuh memenuhi landasan. Fasilitas lainnya adalah terdapat lapangan golf mini, lapangan tenis lantai, jet ski, motor off road roda empat serta fasilitas resort yang terbilang mewah.

Namun semua ini terkesan sia-sia saja karena tidak setiap minggu ataupun setiap bulan, sang pemilik berkunjung ke pulau impian ini. Padahal andai saja dibuka untuk umum dan dijadikan pulau wisata terbuka bukan mustahil dapat menambah devisa Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu. Selain itu dapat menambah jumlah tenaga kerja dari masyarakat sekitar.
 
FOTO - FOTO PULAU AIR
 
 
 

Text Widget

Popular Posts

Recent Posts

Sample Text

Unordered List

Pulau Seribu