Menikmati wisata bahari tak harus memiliki kocek tebal. Bagi wisatawan yang memiliki budget pas-pasan tak ada salahnya mencoba wisata di Pulau Untung Jawa yang masuk Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu. Jangan dibayangkan, pulau yang dihuni sekitar 1.600 jiwa ini layaknya pulau terpencil berpenduduk suku terasing. Fasilitas pulau ini terbilang lengkap. Ada puskesmas, masjid, penjernihan air, juga sekolah yang terdiri dari lima SD dan satu SMP.

Bertamasya di pulau yang satu ini serasa mendapat pengalaman baru, selama dalam perjalanan menuju ke sana akan mendapati pemandangan perahu nelayan yang sedang mencari ikan ataupun kapal-kapal besar sedang berlabuh di Pelabuhan Tanjung Priok. Setelah berekreasi di Pulau ini niscaya pikiran akan jauh lebih segar dan akan tumbuh semangat baru dalam menggeluti pekerjaan sehari-hari.

Ibarat gadis, Pulau Untung Jawa ini tidak henti-hentinya bersolek. Sebagai objek wisata bahari Pemkab Kep. Seribu menggenjot pembangunan sarana dan prasarana wisata di sana. Lebih dari itu, kawasan yang punya sejuta potensi wisata budaya dan lingkungan ini membuat pemkab mencanangkannya sebagai Desa Wisata Nelayan.
Nama “Untung Jawa” sendiri sebenarnya belum begitu jelas darimana berasal, namun masyarakat mempercayai bahwa pulau ini membawa keberuntungan karena letaknya paling dekat dengan Pulau Jawa sehingga masyarakat menyebutnya Untung Jawa. Penghuni pulau ini adalah suku Betawi. Mereka menyebut diri mereka “orang pulau” dan menyebut pendatang “orang daratan”. 

Untuk menuju ke Pulau Untung Jawa tak sulit dan jarak tempuhnya juga terbilang pendek. Dari Jakarta melalui Muara Angke hanya sekitar 1-1,5 jam menggunakan kapal penyeberangan rute Muara Angke- Pulau Pramuka atau Muara Angke-Pulau Tidung. Karena kapal ini selalu menyediakan kesempatan bagi siapapun untuk singgah sebentar di Pulau Untung Jawa. Dari Tangerang pun bisa dijangkau dengan mudah, bahkan lebih dekat. Trip Tanjung Pasir - Pulau Untung Jawa dapat ditempuh hanya lima belas sampai dua puluh menit perjalanan.

Tiket Masuk Cuma Rp3.000
Wisatawan yang berkunjung pulau ini hanya dikenai tiket masuk Rp 3000 per orang. Mereka yang ingin bermalam dapat menginap di penginapan atau di rumah penduduk yang biasa disebut “homestay”. Harga sewa satu rumah relative murah, berkisar Rp 150 - 350 ribu per malam. Buat yang suka camping, bisa pasang tenda di pinggir pantai. 
 
Memang, di sini tidak ada fasilitas ‘wah’ olah raga air, seperti diving, jet ski, atau ski air. Tapi bukan berarti gak bisa ‘have fun’ lho! Debur ombak dan semilir angin bikin kamu betah memandangi laut dan pantai yang bersih. Tepi pantai Pulau Untung Jawa penuh dengan pecahan karang dan kulit kerang. Buat kamu yang suka bikin pernak-pernik, kegiatan mengumpulkan kerang tentu makin asik. 

Suasana di pulau ini juga bikin betah karena penduduknya baik dan ramah. Selain itu, suasana pantai yang nyaman dan indah sungguh tak terlupakan. Di sore hari berbagai jenis burung beterbangan 'pulang' menuju pulau tetangga, yaitu Pulau Rambut yang merupakan 'surga para burung'. Para pemancing pun tidak harus jauh-jauh melemparkan kailnya, cukup memancing di dermaga, tangkapannya lumayan besar.

Luas pulau ini terbilang ‘mungil’ hanya butuh 45 menit mengelilingi pulau dengan bersepeda santai. Di sini banyak tempat penyewaan sepeda. Jangan khawatir kerepotan bersepeda melalui pasir ketika menyusuri pantai, karena ada jalan paving blok yang tertata rapi. Jalan komplek di perumahan penduduknya pun tertata rapi menggunakan material yang sama. 

Di sebelah Barat, dekat pelabuhan, terdapat tempat yang dirancang pemerintah setempat sebagai tempat wisata. Di situ ada gedung serbaguna, kedai seafood, toko souvenir, dermaga-dermaga kecil buat yang ingin memancing, penyewaan sepeda, juga penyewaan ban bagi yang ingin berenang. Sedangkan disebelah utara pulau ini terlihat asri dengan hutan mangrove atau hutan bakau yang berawa-rawa. Jangan khawatir, di atas rawa-rawa ini dibuat jalan dari kayu untuk memudahkan kita menjelajahi hutan mangrove. Jangan kaget kalau ada ular melingkar di dahan pohon bakau yang tumbuh tinggi.
 
Lokasi Pemancingan
Berwisata bahari ke Pulau Untung Jawa rasanya kurang lengkap tanpa mancing. Apalagi bagi mereka yang punya punya hobi yang penuh kesabaran agar ikan mau makan di umpannya. Sebelum kesana tentunya, harus tahu dahulu tempat atau rute lokasi mancing di pulau yang kaya akan flora dan fauna ini. Berangkat dari Tanjung Pasir menuju ke Pulau Untung Jawa dengan menggunakan perahu penyeberangan khusus untuk hari sabtu dan minggu dan biayanya pun relatif murah. Dengan lima ribu rupiah anda sudah sampai sana. Orang yang biasa melayani mereka yang hobi memancing adalah, Pak Ulung.

Rumahnya Pak Ulung mudah dicari karena letaknya tak jauh dari dermaga Pulau Untung Jawa. Pak Ulung adalah seorang nelayan kebanyakan yang memiliki kapal berukuran kecil, bermesin diesel dengan kapasitas 4 orang pemancing. Tarif jasa sewa perahu Pak Ulung pun tergolong murah. Besar tarifnya sekitar Rp 150 - Rp 200 ribu sehari semalam rasanya sepadan dengan kepuasan saat memancing. Bila bernasib mujur, tak jarang ada yang mendapat ikan kakap, encam, kuwe dan tengiri. Usai memancing, pengunjung bisa berleha-leha sebentar dikediamannya sambil mencicipi suguhan lezatnya ikan bakar, kacang-kacang, udang dan sebagainya. 
 
FOTO - FOTO PULAU UNTUNG JAWA
 
 

Text Widget

Popular Posts

Recent Posts

Sample Text

Unordered List

Pulau Seribu