Bentangan layar yang lebar, dan hembusan angin menjadi penggerak kapal ini. Cobalah mengarungi Teluk Jakarta menuju Kepulauan Seribu dengan kapal layar. Seru!

Kalau biasanya perjalanan menuju Kepulauan Seribu ditempuh menggunakan kapal kayu atau kapal cepat, kini ada pilihan kapal lain, yaitu perahu layar. Kamis (28/6/2012) kemarin, detikTravel berkesempatan mencicipi serunya mengarungi Teluk Jakarta menggunakan perahu layar.

Sesuai dengan namanya, perahu layar memanfaatkan tenaga angin sebagai penggeraknya. Tidak seperti perahu cepat yang mungkin berlabuh di Marina Ancol atau Muara Angke, perahu layar berdermaga di Marina Batavia, Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara.

Dengan menggunakan layar, kapal ini mulai jalan perlahan memanfaatkan hembusan angin laut. Saat meninggalkan pelabuhan, layar tidak langsung dibentangkan, tapi masih menggunakan tenaga mesin.

“Layar dibentangkan setelah keluar dari dermaga,” kata salah satu pengurus Persatuan Olahraga Layar Seluruh Indonesia (Porlasi) Keel Boat, Sugi Berkah Jatmiko, kepada detikTravel di Pelabuhan Sunda Kelapa, Kamis (28/06/2012).

Benar saja, begitu kapal keluar layar mulai dibentangkan oleh para anak buah kapal (ABK). Mesin dimatikan, mulailah kapal bergerak dengan bantuan angin. Hembusan angin mulai terasa kencang menampar wajah, begitu pula dengan panas yang seolah membakar kulit.

Saat itu detikTravel menaiki perahu layar tipe keel boat yang diberi nama Candola. Kapal layar ini bisa menampung 6 orang penumpang, dengan 3 orang ABK. Bisa dibilang, Candola merupakan salah jenis yacht yang tentunya mewah.

Bagaimana tidak mewah, di dalam kapal kecil ini Anda bisa menemukan dapur mini, lengkap dengan kompor dan tempat cuci piring yang juga mini. Ke arah depan kapal, Anda bisa melihat kamar tidur beserta bantal untuk tidur. Keluar sedikit dari ruang tidur, sebuah kamar mandi mini yang bersih siap Anda tempati.

Tapi sebaiknya jangan terlalu lama menghabiskan waktu di dalam kapal. Keluarlah dan nikmati pemandangan yang terbentang luas di hadapan Anda.

Perahu layar Candola melayani rute Marina Batavia-Pulau Kelor-Pulau Onrust dan kembali ke pelabuhan. Dengan membayar biaya perjalanan Rp 75.000 untuk pelajar dan Rp 300.000 untuk umum, Anda sudah bisa menikmati serunya menjelajah laut dengan kapal layar.

Text Widget

Popular Posts

Recent Posts

Sample Text

Unordered List

Pulau Seribu