Mungkin diantara sebagian orang yang (khusus) tinggal di sekitaran jakarta telah mengenal sebuah pulau yang berada di kepulauan seribu ini, namun banyak juga yang belum atau sama sekali tidak tahu tentang kepulauan seribu dan keindahan yang ada didalamnya..

Sedikit cerita mengenai perjalanan ke pulau pramuka..

beberapa minggu yang lalu, saya melakukan sebuah perjalanan (yang memang sudah direncanakan jauh-jauh hari, namun selalu tertunda) ke Kepulauan Seribu, tepatnya Pulau Pramuka yang merupakan pusat administrasi Kepulauan Seribu.

sebelumnya saya cari-cari informasi melalui mbah google (transportasi, penginapan, dll)
sekitar jam 4.30, saya berangkat menuju term. lebak bulus (diantar teman dari ps. minggu) kemudian, pkl. 05.00 saya naik busway dengan tujuan pemberhentian di Citra Land.

Dari citra land terus naik angkot merah B-1 trayek ke muara angke.
Begitu sampai (pkl. 06.00) di muara angke, hmm, aroma khas pasar ikan langsung semerbak tercium. Sesampainya di pelabuhan, saya janjian dengan owner penginapan, karena dia menyediakan kapal angkutan untuk ke pulau pramuka. pada pagi hari itu, banyak banget orang yang hendak pergi kepulau pramuka dan pulau lain (pulau tidung, pulau kelapa) namun dari kebanyakan itu, yang paling banyak adalah tujuan pulau pramuka. dan sekitar pukul 08.00 kapal berangkat menuju pramuka.

Sepanjang perjalanan yang terlihat hanya hamparan laut yang terlihat berubah dari warna hitam menjadi biru, dengan kondisi penumpang yang berjibun, namun sedikit terobati dengan pemandangan laut yang luas.
pkl 10.00 saya tiba di pulau pramuka, dan langsung ke penginapan yang jauh-jauh hari sudah saya pesan. istirahat dan makan sejenak, dan perlu diingat di pulau pramuka ini listrik beroperasi mulai pkl. 16.00 – 07.00, jadi selain itu ya nikmatilah hidup dipulau pramuka tanpa bisa charge hp, nonton tv, pokoke semua yang berhubungan dengan listrik.

karena kegiatan yang paling banyak diminati di pulau pramuka ini adalah snorkeling, ya akhirnya saya pun memutuskan untuk ber-snorkeling. dengan bermodal kemampuan ‘bisa renang’ (biasa dikolam renang) ya nekad aja lah.. (maklum baru pertama kali snorkeling) :o

dikapal yang sudah disiapkan, saya bertemu 6 orang  yang mereka semuanya berasal dari jakarta juga. akhirnya kita pun kenalan dan mulailah bersnorkeling ria.

dan ini photo-photo ketika saya ber-snorkeling di pulau pramuka