Foto bersama di pantai Pulau Melinjo, kepulauan seribu utara
“Tahukah kamu bahwa 50% penduduk Indonesia berusia di bawah 27 tahun? Ini artinya Indonesia memiliki banyak anak muda yang berpotensi memberikan kontribusi untuk negara Indonesia menjadi negara yang maju dan hebat. Sekarang adalah saatnya generasi muda mengambil peran. Ekspresikan aksimu yang dapat atau telah kamu lakukan untuk Indonesia yang lebih baik. Tuangkan melalui tulisan di blog kamu dan ikuti kompetisi nge-Blog Lintas.Me!” Membaca tulisan diatas membuat saya berani untuk mulai melakukan sesuatu untuk negara Indonesia untuk menjadi negara yang semakin maju dan hebat. 

Aksi ini saya lakukan berawal dari kecintaan saya terhadap keindahan alam bawah laut Indonesia dan keperihatinan saya terhadap kerusakan yang terjadi pada terumbu karang dan biota bawah laut kawasan wisata bahari di hampir seluruh wilayah Indonesia. Pulau yang indah dan beserta isinya sudah menjadikan Indonesia yang terkenal dengan kekayaan alam dan budaya yang memikat para wisatawan lokal dan turis dari negara lain berbondong-bondong mengunjungi Indonesia. 
Data tahun 2009 menyebutkan pariwisata menempati urutan ketiga dalam hal penerimaan devisa setelah komoditi minyak dan gas bumi serta minyak kelapa sawit. Sangat disayangkan jika pariwisata di Indonesia tidak terjaga dengan baik dan kekayaan alam serat budaya tidak di jaga dengan baik dan semakin tercemari dan rusak, kekhawatiran ini membuat saya berani untuk melakukan Aksi untuk Indonesiaku.
Aksi saya adalah membuat sebuah spanduk yang memberi penyuluhan tentang tata cara seseorang yang berada di kawasan wisata bahari snorkeling atau diving tentang bagaiman menjaga sikap, memperhatikan lingkuangan sekitar dan membantu memeliharanya agar tidak merusak terumbu karang disekitar mereka. Saya masih mulai melakukan aksi ini dari kawasan wisata yang berada di Kecamatan Kepulauan Seribu Utara dan akan terus saya lakukan dan sebarkan kemanapun saya berpergian.

Saya banyak melihat para wisatawan yang mengunjungi pulau kawasan wisata bahari yang melakukan kegiatan snorkeling ttetapi tidak memperhatikan area tempat mereka berada, masih banyak yang merusak terumbu karang dengan disengaja atau tanpa disengaja serta kurangnya penyuluhan dan antisipasi dari pemandu wisata lokal tersebut. Dengan aksi ini saya menyampaikan kepada mereka tentang bagaimana mereka harus memperhatikan setiap tingkah mereka berada didalam air, tidak boleh menyentuh atau memegang terumbu karang yang dapat membahayakan mereka atau terumbu karang, membuat mereka lebih peduli terhadap lingkungan tempat wisata agar dapat terjaga selalu keindahan dan kekayaan alam Indonesiaku ini sehingga dapat meningkatkan tingkat pariwisata Indonesia serta menjaga mereka agar kelak anak dan cucu kita masih tetap dapat melihat keindahan dan kekayaan alam Indonesia ini.

Aksi kecil untuk Indonesiaku
Saya dan teman-teman seperjalanan yang memiliki kecintaan yang sama terhadap keindahan bawah laut melakukan perjalanan dari Jakarta menuju kepulauan seribu bagian utara untuk kegiatan berkemah serta melihat dan mengamati kondisi biota bawah laut dan memberi pengetahuan serta penyuluhan kepada orang lokal serta wisatawan tentang bagaimana untuk menjaga kawasan wisata bahari tersebut jika ada tamu yang sedang melakukan kegiatan air dan snorkeling agar mereka tidak merusak dan dapat ikut membantu menjaganya agar tetap sehat. Dengan adanya spanduk aksiku ini, saya berharap setiap wisatawan yang datang ketempat ini dapat membaca dan mengerti tentang apa yang harus mereka lakukan dan mereka jaga. ”Om swastiastu, mohon untuk membantu kami menjaga terumbu karang kita agar tetap sehat”.
Lihat dan jaga selalu alam Indonesia kita
Aksi ini tidak akan berhasil tanpa partisipasi dan dukungan dari teman-teman semua, sebagai generasi muda dan terpelajar, belajarlah untuk lebih peduli terhadap lingkungan yang bukan hanya disekitar Anda tetapi dimanapun Anda berada, itulah yang harus selalu kita jaga. Bukan bisa atau tidak bisa Anda melakukannya tetapi yang penting mau atau tidak mau Anda melakukannya.
Sumber : freediverindonesia 

Text Widget

Popular Posts

Recent Posts

Sample Text

Unordered List

Pulau Seribu