Pulau Tidung Dimanakah Pulau Tidung berada?
Pulau Tidung terletak di bagian barat Kepulauan Seribu, dan pulau Tidung ini terbagi menjadi 2 pulau yaitu pulau Tidung Besar dan Tidung Kecil yang dikenal dengan keindahan terumbu karang dan ekosistem alam yang masih terjaga, di pulau ini juga bisa untuk melakukan kegiatan snorkeling atau diving di daerah tubir dan di sini sering dibuat penelitian untuk para mahasiswa atau pelajar.

Pulau Tidung Besar dan pulau Tidung Kecil ini dihubungkan oleh jembatan kayu yang sudah terlihat sudah ngga kokoh,awal dari jembatan ini akan ditemui yang cukup tinggi untuk melalui suatu cekungan laut yang agak dalam, dimana banyak para wisata melakukan aksi kegiatan andernaline mereka dengan meloncat kurang lebih dari ketinggian 5 meter. Buat para wisata, loncat dengan melakukan gaya-gaya yang aneh adalah suatu kesenangan sendiri dan jembatan ini pun terkenal dengan sebutan jembatan cinta.

Bagaimana cara untuk pergi ke pulau tidung?

Caranya gampang kok,
Cara untuk menempuh ke lokasi :
* Blok M (bus PPD 37) – Muara angke – dermaga (jalan kaki)- Pulau
  Tidung (kapal)
* Terminal Grogol (angkutan warna merah B01)-Muara angke-dermaga
   (jalan kaki)-Pulau Tidung (kapal)

Untuk menempuh ke pulau Tidung di pergunakan kapal dengan masing-masing waktu, sebagai berikut:
Dengan biaya Rp 35.000
   * pagi hari senin-jumat : jam 07:00
 Cuma ada 1 kapal saja pada pagi hari
        * Pagi hari sabtu minggu : jam 07:00 atau jam 10:00
 Ada 3 kapal untuk menuju pulau Tidung pada pagi hari
Waktu yang ditempuh oleh kapal untuk sampai di dermaga pulau Tidung sekitar 3 jam.

Bagaimana dengan penginapan di Pulau Tidung?
Penginapan di pulau Tidung kalau untuk sekarang ini harus dibooking dari jauh-jauh hari soalnya takut ga kebagian penginapan.

Makin lama pengunjung Pulau Tidung semakin ramai, penginapannya pun bukan di home stay tapi penginapannya ini berada di rumah warga,walapun begitu tetapi cukup nyaman juga kok dengan fasilitas kipas angin dan jamuan yang sopan dari warganya.

Apa aja yang dilakukan saat berada di pulau Tidung?
Bermain sepeda,  bakar-bakar ikan, berfoto-foto ria di pulau Tidung besar dan Tidung kecil, dan bersnorkling atau berkeliling di pulau-pulau yang dekat dengan Pulau tidung seperti pulau Karang Beras, pulau Aer,dan pulau Payung.

Untuk mencapai pulau-pulau ini diperlukan dengan jarak tempuh sekitar 20 menit dari dermaga pulau Tidung. Dengan menyewa kapal dari warga pulau Tidung,  anda sudah bisa ke leliling 3 pulau dan juga bisa melihat keindahan di dalam bawah laut. Biaya untuk penyewaan kapal ini berkisar 350.000 hingga 450.000

Dalam 2H 1M atau 3H 2M Pulau ini menjadi tempat yang bisa menyejukan kembali fikiran dan pulau ini akan menjadi pulau yang akan selalu dikenang dan diingat selalu.

Pulau apa saja yang ada di dekat Pulau Tidung ?

  • Pulau Payung
  • Pulau Air
  • Pulau Karang beras
  • Pulau Kongsi
  • Pulau Burung Indah
  • Pulau Lancang

Bagaimana sih cerita sejarahnya Pulau Tidung itu ?
Bagi warga Pulau Tidung Kepulauan Seribu Selatan mungkin tidak asing lagi mendengar nama Wa’Turup atau “Panglima Hitam” yang berasal Cirebon Banten Jawa Barat. Konon ceritanya beliau sudah lahir pada Jaman Kerajaan Syarif Hidayah Tullah dan dipercayai oleh masyarakat setempat adalah orang yang pertama kali menginjakan kakinya di Pulau Tidung.

Berawal dari peperangan Kerajaan Syarif Hidayah Tullah melawan kolonial Belanda dan pasukan yang dipimpin oleh Panglima Hitam kalah dalam perang hingga akhirnya melarikan diri. Saat itulah Wa’ Turup dan beberapa prajurit lainnya melarikan diri ke pulau Tidung untuk mencari perlindungan dari serangan tentara Belanda. Hingga pada akhirnya Datuk dan beberapa sahabatnya memutuskan Pulau Tidung Besar ini dijadikan sebagai tempat persinggahan (tempat tinggal) hingga sampai akhir khayatnya.

Cerita ini bermula dari tabir mimpi Sugeng, salah satu warga Pulau Tidung Besar bertemu dengan si Panglima Hitam, dalam mimpinya ia diperintahkan untuk mencari makam orang pertama ini. Hingga pada tanggal 31 Desember 2006 makam tersebut ditemukan, terdapat di sebelah Timur Pulau Tidung Kecil tepatnya di bawah pohon kedondong besar serta oleh warga dibersihkan, makamnya pun dikeramik dan hingga sekarang dijadikan tempat Ziarah bagi masyarakat setempat. Peninggalannya pun yang masih tersisa hingga kini diabadikan didekat makamnya seperti keris, pedang, guci, kendi dan tempat beribadah sewaktu ia masih hidup.

Sumber : wikimu.com

 

Text Widget

Popular Posts

Recent Posts

Sample Text

Unordered List

Pulau Seribu