Paska rampungnya pembangunan dermaga sisi timur Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, membuat kunjungan wisatawan ke pulau itu semakin ramai. Untuk memberikan keamanan sekaligus kenyamanan para wisatawan, Sudin Perhubungan Kabupaten Kepulauan Seribu melarang kapal wisata maupun kapal ojek (tradisional) untuk bersandar di dermaga sisi timur Pulau Tidung. Dermaga itu hanya boleh digunakan untuk menurunkan dan menaikkan penumpang saja.

Kepala Sudin Perhubungan Kepulauan Seribu, Murtingsih mengatakan, tidak diperbolehkannya kapal-kapal itu bersandar lantaran di sekitar dermaga terdapat kegiatan wisata air seperti, snorkling, banana boat, dan lain sebagainya. "Kalau ada kapal yang bersandar di dermaga itu tentu akan menganggu para wisatawan yang sedang menikmati wisata air. Jadi kapal-kapal hanya diperbolehkan menaikkan dan menurunkan penumpang," ujar Murtiningsih, Selasa (29/1).

Meski begitu, kata Murtiningsih, pihaknya tetap memperbolehkan kapal-kapal untuk bersandar di dermaga utama Pulau Tidung yang terletak di sisi selatan atau berjarak dua kilometer dari dermaga di sisi timur. "Kalau penumpang kapal diturunkan di dermaga utama sisi selatan, mereka akan jauh menuju Jembatan Cinta. Tapi, kalau di dermaga sisi timur dekat dengan jembatan yang menjadi ikon wisata masyarakat Pulau Tidung," kata Murtiningsih.

Dikatakan Murtiningsih, dermaga sisi timur Pulau Tidung selesai direnovasi pada pertengahan Oktober 2012. Dermaga ini memiliki panjang sekitar 40 meter dengan lebar 4,5 meter dan mampu menampung sebanyak dua kapal. "Dermaga ini juga menjadi ikon wisatanya, sehingga kapal ojek tidak boleh menaikkan dan menurunkan penumpang di dermaga ini. Untuk kapal ojek hanya diperbolehkan bersandar dan menaikkan atau menurunkan penumpang di dermaga utama sisi selatan Pulau Tidung," katanya.

Untuk mengantisipasi kapal yang bersandar di dermaga itu, lanjut Murtiningsih, pihaknya telah memasang papan larangan bersandar bagi kapal disekitar dermaga sisi timur. "Kami juga mengerahkan dua anggota disekitar dermaga. Bila ada kapal yang bersandar kami akan berikan terguran," tuturnya.

Pihaknya, tambah Murtiningsih, tahun ini berencana mengusulkan untuk memperbaiki dermaga sisi utara dan dermaga utama di sisi selatan Pulau Tidung, Dermaga Pulau Kelapa, dan Dermaga Pulau Panggang, serta Dermaga Pulau Untung Jawa. "Perbaikan ini dilakukan dengan pergantian dermaga dari berbahan kayu ke beton hingga pengerukan di sekitar dermaga. Anggarannya belum diketahui karena masih usulan," tandasnya.  


Sumber : beritajakarta.com

 

Text Widget

Popular Posts

Recent Posts

Sample Text

Unordered List

Pulau Seribu