Ada Sukun "Najid" di Kepulauan Seribu Waktu mahasiswa di Yogya dulu ada semacam cangkriman(jw) atau quiz. Apa persamaannya buah Sukun dengan Sapi? Jawabnya kedua-duanya enak digoreng dan dijadikan abon. Lalu dasar anak Yogya, quiz dikembangkan bahwa celana juga bisa disulap menjadi mie godok Jawa yang nyemek-nyemek dengan kuah yang kental.

Siapa yang tidak pernah merasakan gorengan sukun (bread fruit), dibelah dan diiris seperti busur derajat, warnanya kuning kadang kuning keterlaluan sebab diberi pewarna (sial), rasanya empuk-gurih- dan nikmat apalagi dimakan masih hangat. Ada manis-manis jambu tersisa dilidah.

Ternyata buah sukun ada muacem muacem. Sebut saja sukun keleci, sukun talas, sukun cilacap dan yang ini agak menyinggung saya, ..... Sukun Botak... (wah).

Dari semua sukun dengan nama yang aneh tadi konon ada sukun yang paling enak dan enak sekali, yaitu sukun kuning. Sebab memang kalau dibelah warnanya kuning.

Pertanyaannya dimana didapatkannya sukun seribu nama, sepertinya sukun mirip keluih. Ternyata TKP-nya di pulau Seribu (sukun). Sebut saja Ny.Sukro, dia bilang, sukun kuning di pulau Pramuka bentuknya lonjong seperti nangka (tapi bukan) lantas ada durinya kecil-kecil seperti nangka (tapi bukan). Kalau dibelah warnanya kuning. Dan inilah sukun terenak di dunia persukunan.

Itu cerita enaknya, cerita nggak enaknya belum ada orang Jakarta yang berminat mengimpornya dari Pulau Pramuka.

Lalu resep menggorengnya ternyata ya biasa saja, "Paling dikasih garam, bawang putih dan dikecroti mecin," kata mpok Sukro. Rupanya sukun ini hanya dipetik kalau ada tamu jauh atau sekedar buat oleh-oleh.

Sukun Pramuka bisa dibuat kolak, atau dikukus dan diberi parutan kelapa. Atau yang nekat, dibuat dodol sukun, asal sukunnya sudah matang, jelas nyonya Sukro.

Menurut para ahli, Sukun mengandung protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B1, Vitamin C sehingga bisa dipakai sebagai alternatif pakan manusia selain terigu. Kandungan kalsiumnya saja cukup baik untuk orang hamil dan menyusui. Vitamin B1 dikenal sebagai pemelihara kornea mata, urat syaraf, jaringan kulit dan menurunkan kolesterol.  Dan sepertinya kreatif juga ini orang, dia bisa bikin sukun keprek. Sukun digoreng setengah matang lantas dikeprek-keprek. Habis dikeprek, digoreng lagi makannya dicelupkan susu hangat. "Lizad Zidaan..." kata orang keturunan Arab.

Menurut Ny Suhama, selain pulau Pramuka ternyata sukun bisa ditemukan di pulau Payung, pulau Tidung Besar, Untung Jawa, pulau Pari dan pulau lainnya.

Dulu di  Kepulauan Seribu pohon Sukun bisa dijumpai di mana-mana , namun ketika penduduk bertambah banyak, apalagi desakan menjual kawasan untuk turis, maka kasihan si sukun terdesak. Mereka ditebang untuk bahan pembuat rumah.

Kepulauan Seribu termasuk dalam provinsi DKI. Sekalipun diperutnya tersimpan 600 juta barrel minyak bumi, gas alam serta pasir laut tetapi pulau-pulau ini seperti terlupakan. Penduduknya tercatat 18400 jiwa pada tahun 2001, menjelang pemilu kemarin meningkat menjadi 20.000 lebih. Pulau yang termasuk di Kepulauan Seribu adalah Pulau Kelapa, Pulau Harapan, Pulau Panggang, Pulau Rambut. Provinsi Banten sudah mengklaim bahwa 22 pulau disana adalah masuk wilayahnya.

Karena sukun ini khusus Pulau Seribu, maka yang keburu kepingin lebih baik menahan selera (ngeces)  atau kalau kreatif seperti orang Kediri membuat rokok Sukun tetapi bahannya dari tembakau juga.

Sumber : wikimu.com

 

Text Widget

Popular Posts

Recent Posts

Sample Text

Unordered List

Pulau Seribu